Uncategorized

Penerapan Cloud Computing Pada Perusahaan

Nama                  : Imam Maqbullah
NPM                   : 53412633
Kelas                  : 4IA23
Dosen                : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah  : Pengantar Komputasi Modern


Capture2

Cloud computing, atau komputasi awan merupakan sebuah sistem dimana perangkat iOS bisa lepas dari kabel dan tidak membutuhkan lagi iTunes untuk proses sinkronisasi. iCloud merupakan lanjutan dari MobileMe yang sudah tidak lagi dikembangkan oleh Apple.

Sebagai contoh begini, Anda punya iPhone, iPad dan sebuah Mac. Anda bisa membeli sebuah aplikasi di iPhone. Aplikasi yang baru dibeli, akan langsung diunduh oleh Mac dan iPad. Hal ini juga akan berlaku untuk musik, foto dan dokumen. Anda juga tidak perlu lagi mem-back-up lagi manual, karena iCloud akan melakukan back-up secara harian.

Nantinya aplikasi pihak ketiga bisa menggunakan iCloud. Hal ini tentunya akan menguntungkan pengguna iOS dan Mac OS X. Bayangkan kalau semua aplikasi iOS bisa langsung di backup, tidak akan ada lagi high score game hilang, dokumen yang tertinggal. Satu-satunya yang membatasi adalah bandwidth yang tipis. Cukup dengan memasukkan Apple id diseluruh perangkat iDevice maka data-data di satu produk iDevice bisa diakses pada iDevice lainnya. Layanan iCloud bisa digunakan minimal pada seluruh iDevice dengan OSX lion 1.7.2 dan iOS 5 keatas.

Walaupun layanan iCloud sudah dibuka untuk umum, hingga saat ini hanya di platform Windows yang disediakan. Untuk menggunakan iCloud di Windows, membutuhkan OS Windows Vista Service Pack 2 atau Windows Seven.

iCloud gratis, apabil Anda membeli iPhone yang sudah memakai iOS 5 akan langsung memakai iCloud. iCloud versi gratis akan mendapatkan ruang sebesar 5GB. Cukup untuk membackup aplikasi, foto dan dokumen.

Bagi Anda yang menginginkan ruang lebih besar bisa upgrade iCloud dengan biaya bulanan tergantung dari besarnya ruang yang Anda beli yaitu 10GB $20/tahun, 20GB $40/tahun dan 50GB $100/tahun. Harganya cukup kompetetif berdasarkan komputasi awan lainnya.

Fitur iCloud

Musik di awan

Musik di awan bukan berarti streaming. Dengan iCloud Anda bisa mengunduh lagu langsung yang sudah dibeli memakai iTunes langsung di iPhone/iPad tanpa harus browsing iTunes Music Store. Lagu-lagu yang dibeli dari suatu perangkat akan tersedia di perangkat lainnya.

Sinkronisasi photo

Alur kerja saat ini ketika mengambil foto menggunakan iPhone. Foto di iPhone, kemudian colok ke Mac, Sync ke iPhoto. Kalau ingin dipindahkan ke iPad, colok iPad ke Mac, buka iPhoto, buka iTunes kemudian Sync. Dengan iCloud, foto yang Anda ambil menggunakan iPhone bisa langsung tersinkronisasi ke perangkat lain yang terotorisasi dengan fitur Photo Stream. Namun, semua foto yang tersimpan di Photo Stream akan dihapus setelah 30 hari. Oleh karena itu, segera unduh foto yang diinginkan ke iPhoto atau folder My Pictures di PC.

Dokumen di awan

Ketika di luar Anda menulis menggunakan iPad memakai Pages. Kemudian menyimpannya, ketika sampai di rumah, dokumen tadi sudah tersedia di Mac. Tidak perlu lagi colok iTunes dan sinkronisasi dokumen. Saat ini iWork seperti Pages, Keynote dan Numbers mendukung iCloud. Aplikasinya lainnya pasti akan mendukung iCloud untuk kemudahan para penggunanya.

Aplikasi Anda tersedia kapanpun

Sebagai bagian dari iTunes in the Cloud, iCloud akan menyimpan data semua aplikasi yang pernah Anda beli. Anda bisa langsung mengunduh aplikasi tersebut tanpa harus mencari dan menekan tombol BUY lagi. Untuk pembelian aplikasi baru akan langsung tersinkronisasi dengan perankat lainnya, siap untuk digunakan.

Sinkronisasi iBooks

Selain sinkronisasi library iBooks, iCloud juga akan menyimpan bookmark. Anda bisa melanjutkan membaca buku di iPhone dari posisi bookmark yang ada di iPad. Selain itu semuah notasi iBooks juga akan tersinkronisasi.

Sinkronisasi iCal, Mail, Bookmark

Fitur yang paling mendasar untuk produktivitas adalah kemampuan untuk sinkronisasi iCal, email melalui Mail.app dan Bookmark di safari. Fitur ini tidak ada bedanya dengan MobileMe saat ini. Proses sinkronisasi akan tetap berjalan di belakang layar.

Find My Friends

Nanti ketika memakai iOS 5 kita bisa berbagi lokasi kita sendiri dengan teman-teman. Misalnya Anda janjian ketemuan di suatu tempat yang tidak begitu Anda kenal, Anda bisa menggunakan aplikasi Find My Friend untuk mencari dimana posisi teman-teman Anda yang dipakai sebagai panduan mencari jalan. Find My Friends ini bisa mengetahui seberapa jauh teman Anda dari lokasi Anda dan melihatnya posisi mereka di peta. Cocok utuk pacar yang posesif atau orang tua yang protektif.

Find My iPhone

Find My iPhone telah penyelamat bagi yang kehilangan atau kerampokan iPhone. Banyak cerita sukses mengenai kembalinya iPhone yang hilang. Fitur Find My iPhone yang sudah lama ada juga di lanjutkan di iCloud. Tidak ada perubahan yang mendasar dari Find My iPhone. Bedanya Anda untuk melihat lokasi iPhone/iPad Anda harus masuk ke iCloud.com bukan lagi ke Me.com.

Sasaran dan Pangsa Pasar : sasaran dari perusahaan apple inc adalah kepada user (pengguna individu) serta kepada perusahaan-perusahaan.

Capture1

SugarSync merupakan layanan komputasi awan lainnya yang cukup popular dan menjadi alternatif pilihan selain Dropbox. Dengan fitur utama yang sama seperti Dropbox dan lainnya yaitu Desktop Sync Clients, SugarSync lebih memberi keleluasaan dengan bebas menentukan folder mana yang akan disinkronisasikan.

SugarSync sangat menjamin proteksi dan keamanan data-data kita melalui sistem pengiriman file yang menggunakan enkripsi TLS (SSL 3.3). Selain itu juga SugarSync juga menyediakan layanannya ke lebih banyak platform mobile yaitu: iOS, Android, BlackBerry, WindowsMobile dan Symbian. Salah satu keunggulan SugarSync adalah dalam kesederhanaannya, SugarSync menawarkan streamline antarmuka yang membuat navigasi dari semua fitur dan kemampuannya menjadi mudah digunakan.

Anda terbiasa mengirim file dengan email? Bagaimana dengan file berukuran di atas 25 Mb? Dengan SugarSync, Anda bahkan bisa berbagi file kepada teman berapapun ukurannya! Itu artinya jika Anda hendak berbagi album foto dengan ukuran total 4 Gb, Anda bisa! Plus, Anda tidak perlu dikhawatirkan dengan putusnya koneksi internet. SugarSync bekerja di latar belakang, Anda tidak perlu melakukan aktivitas browse file setiap kali hendak membackup atau mengirimkan file; yang perlu Anda lakukan tinggal meletakkan file di folder tersinkronisasi, selanjutnya Anda tinggal menunggu.

F I T U R

  1. Mendukung berbagai macam platform komputer dan platform gadget. Bagi anda yang menggunakan komputer, SugarSync dapat digunakan oleh sistem operasi Windows maupun Mac OS, sedangkan untuk pengguna gadget fasilitas ini dapat digunakan oleh banyak perangkat yaitu Ipad/Iphone, Android, Symbian, Windows Mobile, dan Blackberry.
  2. Kapasitas gratis ruang penyimpanan yang disediakan mencapai 5,5 GB di awal dan dapat ditingkatkan tiap 500 MB bila anda mendapatkan teman lain yang mau diajak bergabung sesuai referensi dari anda.
  3. Dengan menggunakan fasilitas dari SugarSync anda bisa melakukan akses terhadap file-file Anda kapan pun, dimana pun, dari perangkat apapun, secara realtime, tentu saja dengan syarat tersedia koneksi internet.
  4. Secara otomatis perubahan terhadap data-data akan tersinkronisasi secara langsung pada berbagai macam perangkat seperti PC Komputer, Laptop, Ponsel , iPad/iPhone, dan lain sebagainya yang sudah terinstall SugarSync.
  5. Kemudahan pengelolaan data menggunakan sebuah file manajemen yang disebut dengan SugarSync Manager. Ketika anda melakukan instalasi akan tersedia sebuah folder yang disebut dengan Magic Briefcase yang merupakan sebuah folder yang melakukan hal seperti pada poin 4 di atas. Anda juga dapat membuat sebuah folder lain, di luar Magic Briefcase tetapi hanya dapat melakukan sinkronisasi dengan klien lainnya bila anda setting secara manual.
  6. Data akan aman dari kemungkinan proses penyadapan karena secara otomatis akan terenkripsi dengan teknologi 128 bit AES seperti halnya pengamanan data yang digunanakan oleh bank.
  7. Saat ini merupakan satu-satunya penyedia online storage yang menyediakan fasilitas upload melalui email, lewat attachment file.
  8. Jika anda bekerja secara tim dan memiliki beberapa project dengan tim yang jauh dari anda, maka anda bisa menyimpan data project anda di SugarSync sehingga data anda bisa diakses oleh tim anda dimanapun mereka berada.
  9. Version History. Kadang anda menginginkan versi terdahulu dari file anda, dengan SugarSync anda bisa memilih satu dari 5 versi terakhir file anda. Membackup 5 versi dari file anda tentunya akan memakan banyak tempat untuk menyimpannya, namun SugarSync hanya menghitung versi terakhir dari file tersebut.
  10. Digital Photo Album. SugarSync tidak hanya membackup foto Anda, tetapi juga menciptakan galeri online bagi Anda sehingga anda bisa berbagi dengan teman-teman Anda. Anda tidak lagi harus membackup foto Anda ke satu tempat, dan upload lagi tempat lain untuk berbagi dengan mereka. Galeri Foto untuk iPhone memudahkan anda melakukan browsing foto Anda dengan mudah. Karena ini adalah sistem sinkronisasi, maka ketika Anda mengambil foto dengan ponsel Anda dan itu dikirim ke SugarSync, itu juga akan terdownload ke komputer Anda.

Sasaran dan Pangsa Pasar : sasaran dari perusahaan SugarSync adalah kepada user (pengguna individu) serta kepada perusahaan-perusahaan.

Sumber :

http://www.akhmadguntar.com/sugarsync-media-simpan-online-yang-handal/

Mengenal iCloud Lebih Dalam

Tinggalkan komentar